Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.
Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:
1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
2. Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.
Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa mobil" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa mobil".
Platform Google Adwords terbagi 2, yaitu :
1. Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
2. Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.
Google juga menyediakan alat (tool) Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Situs resmi AdWords beralamat di http://adwords.google.com
Namun tidak semua yang memasang iklan di Google memiliki kemampuan ataupun waktu untuk mengelola kampanye iklan secara efisien karena sangat banyak sistem pengaturan atausettings yang dapat mempengaruhi efektivitas kampanye iklan mereka. Masalah tersebut dapat diatasi oleh agen Adwords yang mempekerjakan seorang Adwords Qualified Individualyang mampu mengoptimalkan iklan agar tidak ceroboh dan tanpa disadari membuang-buang anggaran budget Adwords-nya.
Cara Memasang Iklan di Google AdWords
- Buka halaman AdWords (https://adwords.google.com/select/).
- Klik "Start Now".
- Pilih "Standard Edition".
- Klik "Continue".
- Kemudian akan ada pilihan account.
- Jika anda sudah memiliki account google anda dapat menggunakan account google anda dengan memilih "Existing Google Accounts"
- Jika anda belum punya account google pilih "New Google Account".
Selanjutnya anda ikuti step-step berikut:
1. Pilih bahasa apa yang digunakan oleh iklan anda.
Beri pilihan dengan cermat. Jika anda memang menargetkan untuk merangkul pelanggan internasional sebaiknya pilih bahasa inggris, tapi jika target pelanggan anda sebatas di Indonesia, sebaiknya pilih bahasa indonesia.
2. Masukkan URL dan buat tampilan iklan anda.
2. Masukkan URL dan buat tampilan iklan anda.
URL yang anda masukkan akan digunakan oleh iklan anda, sehingga setiap kali seseorang mengklik iklan anda, maka orang tersebut akan dibawa ke URL tersebut. Anda bisa mengisinya dengan alamat website anda, contoh www.abetobing.com
Kemudian anda harus membuat tampilan iklan anda. Baris pertama adalah judul dengan batas maksimal 25 karakter (termasuk spasi). Dua baris selanjutnya adalah deskripsi iklan anda, dengan maksimal 35 karakter (termasuk spasi) per baris.
3. Buat keyword iklan anda.
Sesuai dengan yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, keyword ini sangat berperan penting dengan jumlah kemunculan iklan anda di hasil pencarian google. Pastikan keyword iklan anda relevan dengan apa yang anda iklankan.
Jika anda mengiklankan sebuah toko kamera dan alat fotografi, maka masukkan keyword yang berhubungan dengan fotografi, seperti: toko kamera, fotografi, alat foto.
4. Pilih mata uang yang akan anda gunakan untuk pembayaran iklan.
Silahkan pilih mata uang yang akan anda gunakan saat pembayaran iklan.
Silahkan pilih mata uang yang akan anda gunakan saat pembayaran iklan.
5. Selanjutnya anda menentukan budget anda untuk iklan anda perbulannya.
Disini anda tentukan penawaran iklan anda, berapa besar yang sanggup anda bayar per bulan untuk iklan anda. Nominal tersebut adalah batas maksimum budget anda untuk iklan anda. Anda tidak akan discharge lebih dari harga yang anda tetapkan, bahkan mungkin kurang dari itu.
Disini anda tentukan penawaran iklan anda, berapa besar yang sanggup anda bayar per bulan untuk iklan anda. Nominal tersebut adalah batas maksimum budget anda untuk iklan anda. Anda tidak akan discharge lebih dari harga yang anda tetapkan, bahkan mungkin kurang dari itu.
6. Apakah ingin menerima informasi update dari Google AdWords via emailJika anda ceklist kedua pilihan diatas, maka google akan mengirim informas-informasi yang berkaitan dengan program google adwords ke email anda. Klik "next" atau "continue" untuk membuka halaman setting iklan.
7. Halaman "My Ad Campaign"Pada halaman ini akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa iklan anda belum diaktifkan oleh google karena anda belum melakukan pembayaran pertama.Untuk melakukan pembayaran dengan klik "Make Payment now".
8. Masukkan jumlah pembayaran sesuai budget yang anda tetapkan sebelumnya.Biarkan jumlah yang tertera apa adanya, kemudian klik tombol “Make Payment”.
9. Muncul kode transfer pada bagian atas halaman.Di sini tertera sebuah nomor yang berwarna merah yang merupakan nomor referensi untuk transfer anda. Sebaiknya anda catat nomor referensi ini, karena akan anda akan menggunakannya pada saat melakukan pembayaran atau transfer di bank.Selanjutnya klik “Transfer Information Page”, akan muncul window/tab baru. Di halaman ini dijelaskan berapa banyak dan kemana anda harus mentransfer pembayaran iklan anda, biasanya terletak di tengah-tengah halaman. Tampilannya kurang lebih seperti berikut:
Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi langsung bank yang tertera di halaman informasi tersebut (pada contoh diatas: Bank HSBC Indonesia) atau cabang terdekatnya, atau transfer melalui rekening bank anda.
Catatan: Jangan melakukan transfer via ATM, google tidak akan menerima pembayaran via transfer ATM, anda hanya akan menderita kerugian sebanyak yang anda transfer dan kemungkinan besar google tidak akan mengirim kembali jumlah tersebut.
Pada saat melakukan deposit atau transfer, anda harus menyertakan nomor referensi pada formulir setoran/transfer di bank. Jika tidak ada kolom atau baris untuk menyertakan nomor referensi tersebut, tuliskan tepat di depan nama anda. Jika kolom atau baris pengisian tidak cukup untuk nomor tersebut, gunakan jumlah yang secukupnya dari digit paling belakang. Misal nomor referensi anda adalah 298600947819 (12 digit) namun pada formulir setoran /transfer hanya mencukupi 7 digit saja, maka sertakan 7 digit paling belakang, yaitu 0947819
Di halaman ini dijelaskan pula bahwa nomor referensi tersebut hanya dapat digunakan sekali saja , dan google mengharuskan anda untuk menyertakan nomor referensi tersebut pada saat mentransfer melalui bank.
Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi langsung bank yang tertera di halaman informasi tersebut (pada contoh diatas: Bank HSBC Indonesia) atau cabang terdekatnya, atau transfer melalui rekening bank anda.
Catatan: Jangan melakukan transfer via ATM, google tidak akan menerima pembayaran via transfer ATM, anda hanya akan menderita kerugian sebanyak yang anda transfer dan kemungkinan besar google tidak akan mengirim kembali jumlah tersebut.
Pada saat melakukan deposit atau transfer, anda harus menyertakan nomor referensi pada formulir setoran/transfer di bank. Jika tidak ada kolom atau baris untuk menyertakan nomor referensi tersebut, tuliskan tepat di depan nama anda. Jika kolom atau baris pengisian tidak cukup untuk nomor tersebut, gunakan jumlah yang secukupnya dari digit paling belakang. Misal nomor referensi anda adalah 298600947819 (12 digit) namun pada formulir setoran /transfer hanya mencukupi 7 digit saja, maka sertakan 7 digit paling belakang, yaitu 0947819
Di halaman ini dijelaskan pula bahwa nomor referensi tersebut hanya dapat digunakan sekali saja , dan google mengharuskan anda untuk menyertakan nomor referensi tersebut pada saat mentransfer melalui bank.
Jika pembayaran yang anda lakukan sesuai dengan informasi yang tertera pada halaman “Transfer Information Page” maka tidak lama lagi iklan anda sudah mulai bekerja di google.
SUMBER:
REFERENSI lainnya:
Trims,
0 comments:
Post a Comment